Liburan Ke Situs Prasejarah Megalitikum Bandung

Liburan Ke Situs Prasejarah Megalitikum Bandung
Destinasi Wisata Bandung

Liburan Ke Situs Prasejarah Megalitikum Bandung

by Princess Marchell   www.marchelloka.com




Megalitikum Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung


              MarchelloKa.com - Destinasi Wisata Bandung  ------ Situs wisata Gunung Padang adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya ada di perbatasan Dusun Gunung padang serta Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Tempat bisa diraih 20 km. dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan pada Kota Kabupaten Cianjur serta Sukabumi. Luas kompleks intinya lebih kurang 900 m², terdapat pada ketinggian 885 m dpl, serta areal situs ini sekitaran 3 ha, membuatnya sebagai kompleks punden berundak paling besar di Asia Tenggara.

Advertise Here 












   Laporan pertama tentang kehadiran situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) th. 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga sudah menyinggungnya pada th. 1949. Sesudah pernah “terlupakan”, pada th. 1979 tiga masyarakat setempat, Endi, Soma, serta Abidin, melaporkan pada Edi, Penilik Kebudayaan Kecamatan Campaka, tentang kehadiran tumpukan batu-batu persegi besar dengan beragam ukuran yang tersusun dalam satu tempat berundak yang menghadap ke Destinasi Wisata Bandung Gunung Gede.


Situs gunung Padang bila dari terlalu jauh memiliki bentuk seperti Piramid Tua, Destinasi Wisata Bandung


           MarchelloKa - Inspiring Review Wisata Terbaru   Setelah itu, berbarengan dengan Kepala Seksi Kebudayaan Departemen Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, R. Adang Suwanda, ia mengadakan penelusuran. Tindak lanjutnya yaitu kajian arkeologi, histori, serta geologi yang dikerjakan Puslit Arkenas pada th. 1979 pada situs ini. Tempat situs berbukit-bukit curam serta susah dijangkau. Destinasi Wisata Bandung Kompleksnya memanjang, menutupi permukaan satu bukit yang dibatasi oleh deretan batu andesit besar berupa persegi. Situs itu dikelilingi oleh lembah-lembah yang begitu dalam.

            Tempat ini terlebih dulu memanglah sudah dikeramatkan oleh warga setempat. Masyarakat menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berupaya membangun istana dalam semalam. Manfaat situs Gunungpadang diprediksikan yaitu tempat pemujaan untuk orang-orang yang bermukim disana pada sekitaran 2000 th.SM. Destinasi Wisata Bandung      Hasil riset Rolan Mauludy serta Hokky Situngkir memaparkan peluang ada pelibatan musik dari sebagian batu megalit yang ada. Terkecuali Gunungpadang, ada banyak tapak lain di Cianjur yang disebut peninggalan periode megalitikum.
 Megalitikum Gunung Padang Destinasi Wisata Bandung



Mulai sejak Maret 2011, tim peneliti katastrofi purba yang dibuat kantor Staf Spesial Presiden Bagian Pertolongan Sosial serta Bencana, dalam survey untuk lihat kegiatan sesar aktif Cimandiri yang melintas dari Pelabuhan Ratu hingga Padalarang melaluinya. Saat tim melakukan survey bawah permukaan Gunung Padang di ketahui tak ada intruksi magma. Lalu tim peneliti kembali melaksanakan  survey bawah permukaan Gunung Padang dengan cara lebih komplit dengan metodologi geofisika, yaitu geolistrik, georadar, serta geomagnet di lokasi Situs itu.

Akhirnya, makin memberikan keyakinan kalau Gunung Padang satu bukit yang dibuat oleh manusia (man-made). Pada November 2011, tim yang di pimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja, terbagi dalam pakar kebumian ini makin meyakini bahwa Gunung Padang di buat oleh manusia saat lampau yang pernah hidup di lokasi itu. Bangunan bangaunan peninggalan itu begitu menarik untuk di eksplorasi serta dikaji baik dengan cara panorama terlihat luar ataupun histori dan kandungan-kandungan nilai-nilai serta maksud dan maksud dibuatnya bangunan itu.

Wisata Bandung Berlibur ke Website Prasejarah Megalitikum


Pada umumnya batu yang berdiri adalah batuan andesit sampai bassalt yang di buat sedemikian rupa hingga berupa senirupa serta simetris, umumnya membuat sisi 5, dimana angka 5 adalah salah satu angka yang sakral dalam histori Sunda. Destinasi Wisata Bandung Keeksotisan landsacpe komplit dengan beragam misteri yang menemaninya mebuat tempat yang juga berjuluk kompleks peribadatan purba, nama lain yang tidak kalah terkenalnya yaitu teater musikal purba ini berlomba menghadirkan wisatawan. Walau memanglah bukan cuma wisatawan yang tertarik dengan tempat ini, beragam pakar sejarahwan serta kepurbakalaan sampai investor-investor pembangun begitu tertarik dengan tempat purba ini.

Advertise Here









   MarchelloKa - Tapak Sejarah Era Megalitikium Sunda Bandung   - -- -- Dengan cara administratif situs Gunung Padang terdapat di Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka. Situs ada sekitaran 50 km di samping barat daya Kota Cianjur pada koordinat 6°59, 664’S 107°3, 375’E. Situs Gunung Padang adalah punden banguan berundak peninggalan kebiasaan megalitik jaman prasejarah. Situs ini adalah satu diantara situs megalitik paling besar di Asia Tenggara. Situs terdapat di puncak bukit yang dikelilingi oleh lembah-lembah serta bukit-bukit. Destinasi Wisata Bandung Di samping tenggara ada Gunung Melati, di samping barat daya ada Pasir Empat serta Gunung Karuhun, di samping barat laut ada Pasir Pogor serta Pasir Gombong, serta di samping timur laut ada Pasir Malang.

Teras ke lima dari situs Gunung Padang, Destinasi Wisata Bandung




Bangunan punden berundak situs Gunung Padang terdiri jadi 5 teras mengerucut serta di bangun dengan batuan vulkanik alami yang berupa persegi panjang. Teras pertama adalah teras terbawah serta terluas berdenah sisi empat.  Pada jalan menuju teras pertama ada banyak batu tegak di kiri kanan jalan. Di depan pintu ini ada susunan batu berdenah sisi empat serta sebagian menhir dan ada batu lumpang di pojok timur laut. Di teras ke-2 tedapat batu-batu tegak memiliki ukuran besar. Di teras ketiga ada lima grup bangunan yang beberapa besar berbentuk grup batu tegak. Beberapa dari batu-batu itu sudah rubuh.

Di teras ada balok-balok batu di bagian tengah serta tiga bangunan dibagian timur laut. Sisi barat daya teras ini berbentuk tanah kosong. Destinasi Wisata Bandung Teras ke lima adalah sisi teratas dari situs ini. Di bagian ini ada susunan batu tegak yang membuat ruangan sisi empat. Tinggalan lain berbentuk tumpukan monolit.




Beberapa media asing mulai membahas situs kuno di Gunung Padang, Jawa Barat. Media-media asing coba menganalisa klaim kalau Gunung Padang menyembunyikan bangunan piramida tertua didunia. Klaim itu pada awal mulanya nampak dari pakar geologi, Dr Danny Hilman. Menurut dia, situs kuno di Gunung Padang itu berumur pada 9 ribu sampai 20 ribu th.. Diluar itu di situs itu ada bukit buatan manusia yang strukturnya serupa bangunan piramida. Destinasi Wisata Bandung Dua media asing yang membahas misteri situs kuno di Gunung Padang itu yaitu media Australia, Sydney Morning Herald serta media Inggris, Daily Mail. Dalam kabar berita Kamis (2/4/2015), Daily Mail, menulis, piramida tua di Mesir berumur sekitaran 5 ribu th..

Tetapi, puing-puing bangunan di situs Gunung Padang usianya diprediksikan empat kali lebih tua dari piramida di Mesir. Bila klaim serta analisis itu benar, jadi peradaban kuno di sekitaran Gunung Padang telah maju serta kuat. Situs Megalitik di Gunung Padang sejatinya diketemukan pada th. 1914 serta diklaim sebagai situs paling besar dari macamnya yang pernah ada di Indonesia.  Pada th. 1996, seseorang arkeolog pernah temukan piramida di pantai Atlantik, Brasil selatan yang di bangun sekitaran 3 ribu sebelumnya Masehi (SM). Piramida di Brasil ini dapat diklaim lebih tua dari piramida yang ada di Mesir.


Advertise Here











Dr Hilman, seseorang pakar geologi senior di Pusat Riset Geoteknik Indonesia, menyampaikan kalau bukti susunan situs kuno di Gunung Padang terdapat dibawah tanah. “Orang-orang memikirkan umur prasejarah itu primitif, namun monumen ini menunjukkan kalau itu salah, ” kata Hilman. Ia yakin piramida seperti itu bakal jadi bukti peradaban kuno yang maju di tanah Jawa. Destinasi Wisata Media Australia, dalam penjelasannya menyebutkan temuan situs Gunung Padang yaitu suatu hal yang mengagumkan. “Penggalian sudah di dukung oleh pemerintah Indonesia, yang beberapa waktu terakhir mengambil keputusan kalau sisi atas Gunung Padang yaitu susunan megalitik paling besar di Asia Tenggara, ” sekian penjelasan Sydney Morning Herald.


Sumber : (http :// www. disparbud. jabarprov. go. id/wisata/dest-det. php? id=162&lang=id) (https :// id. wikipedia. org/wiki/Situs_Gunung_Padang) (http :// bandung. go. id /) (http :// international. sindonews. com/read/984374/40/gunung-padang-sembunyikan-piramida-tertua-di-dunia-1427950447)


Pencarian Terkait : Tempat Wisata di Bandung, Tempat Wisata, Wisata di Bandung, Tempat Wisata Bandung, Wisata, Wisata Lembang, Tempat Wisata di Lembang, Tempat Menarik di Bandung, Wisata Kuliner Bandung, Wisata Alam Bandung, Objek Wisata di Bandung, Wisata Kota Bandung, Tempat Rekreasi di Bandung, Tempat Wisdata Alam di Bandung. Destinasi Wisata Bandung, gunung padang