Keindahan Wisata Alam Yogyakarta

Keindahan Wisata Alam Yogyakarta
Ulasan Keindahan 

Wisata Alam Yogyakarta

by Princess Marchell www.marchelloka.com



Wisata Indonesia di gunung merapi


Yogyakarta, tidak hanya kaya tradisi istiadatnya juga mempunyai banyak wisata alam yang mengagumkan. Wisata alam di Yogyakarta juga tak kalah dengan wisata alam di Bali. Anda dapat berkunjung ke sebagian wisata alam ini berbarengan dengan keluarga anda di waktu senggang anda. Marchelloka menerangkan wisata alam Yogyakarta yakni Gunung Merapi, Parang Tritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Glagah.


Advertise Here



Gunung merapi, sebagai satu-satunya gunung berapi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya kira-kira 30 km, sisi utara Kota Yogyakarta serta puncaknya berbentuk dataran pasir yg tidak merata, seluas kira-kira 4 hektar, dengan sebagian lubang kepundan yang salah satunya diantaranya senantiasa mengepulkan asap tebal, menandai Gunung Merapi masih tetap aktif bekerja. Keindahan Wisata MArchelloka -------  Untuk yang kurang ketertarikan pada  pendakian hingga ke puncak, Andamasih tetap bisa memuaskan keinginan hatinya untuk memuji keindahan dari Gunung Merapi ini dari daerah Bebeng yang terdapat kurang lebih 2 km di samping tenggara daerah Kaliurang, atau dapat pula memandang dari arah Turi, kurang lebih 5 km di samping barat daerah Kaliurang. Apabila Anda menginginkan melihat puncak Merapi dari arah kejauhan secara jelas dan gambang, Anda bisa dipakai teropong pengamat dari pos penilaian Gunung Merapi di Plawangan.

Marchelloka Indonesia -----  Pada lereng selatan Gunung Merapi dekat pegunungan Pelawangan ada kota mungil Kaliurang yang berhawa sejuk, sekitaran 28 km ke arah utara dari Yogyakarta. Mulai sejak jaman penjajahan Belanda, daerah ini memilki panorama indah dan mempunyai beragam sarana rekreasi yang ideal serta jadi tempat untuk mereka yang mencari ketenangan. Pengunjung bisa menyusuri Rimba Wisata Kaliurang yang disebut taman rimba yang cukup terjaga dengan baik di kaki Gunung Merapi. Disini pengunjung bisa jalan 15 menit ke Pramojiwo, tempat yang terbagus untuk menyaksikan Gunung Merapi atau ke air terjun Tlogo Muncar. Taman ini buka dari jam 08. 00-16. 00. Di Kaliurang para wisatawan bisa bertandang ke Tlogo Nirmolo yang terdapat di samping timur taman bermain Kaliurang.


MarchelloKa ----- Disini pengunjung bisa berelanja oleh-oleh berupa jadah tempe hangat yang terasa enak. Selain itu dapat memandang air terjun yang tingginya kian lebih 10 mtr.. Saat ini Kaliurang sudah menjadi wisata yang menarik lagi dengan telah di bangun serta dikembangkannya beragam fasilitas rekreasi serta beragam sarana lain, seperti kolam renang, rimba rekreasi, taman hiburan, serta arena berolahraga. Vila, Bungalow, pesanggrahan serta beragam fasilitas penginapan yang sebagian salah satunya memilki sarana untuk kepentingan konvensi (konverensi, seminar, rapat-rapat, lokakarya, penataran) serta restaurant atau  rumah makan. Untuk golongan remaja serta pramuka, Kaliurang adalah tempat yang popular, karna di daerah ini ada juga bumi perkemahan, jalur-jalur untuk menjelajahi lintas alam serta panorama alam yang indah yang menggugah rasa romantik kita.

MarchelloKa indonesia pantai parangtritis  merupakan  Tempat rekreasi yang lain dari Yogyakarta .Pantai ParangTritis merupakan  daerah pantai yang mempunyai hamparan pasir luas, namun juga populer sebagai tempat yang mempunyai beragam peninggalan histori. Komplek Parangtritis terbagi dalam beberapa bagian yaitu pantai Parangtritis, Parangkusumo serta dataran tinggi Gembirowati. Konon asal mula Parangtritis di ambil dari kondisi alam yang terbagi dalam batu-batu karang di mana dari atas satu diantara tempat di tebing pegunungan yang terbagi dalam batuan kapur senantiasa meneteskan air ke bawah senantiasa mirip tritis. Karenanya memiliki kandungan zat kapur, jadi batu-batu karang semakin besar sampai terbentuklah kolam dengan air yang begitu jernih. Kolam ini diketemukan serta dipelihara oleh Sultan Hamengkubuwono VII. Sekarang ini sudah di bangun satu kolam renang yang cukup bagus.


MarchelloKa  Pesona Keindahan Parangtritis  Di komplek ini juga ada beberapa object wisata lain yang menarik untuk dipandang. untuk menuju Komplek wisata ini bisa diraih lewat dua jalur kendaraan. Jalur pertama lewat jembatan kretek, serta yang ke-2 lewat Imogiri serta Siluk. Walau di pesisir selatan Yogyakarta, ada sekitaran 13 object pantai yang mempunyai pesona wisata yang sangat indah, nyatanya Pantai Parangtritis yang senantiasa menduduki peringkat paling atas dalam angka kunjungan wisata, di banding pantai-pantai yang lain. Pantai yang berada sekitaran 27 km dari Kota Yogyakarta ini, pantai yang termasuk juga lokasi Bantul ini adalah pantai yang landai, dengan bukit berbatu, pesisir serta berpasir putih dan panorama bukit kapur di samping utara pantai.




Marchelloka - Berkunjung Wisata Yogya  ------  Di lokasi ini wisatawan bisa mengelilingi pantai memakai bendi serta kuda yang disewakan dan dikemudikan oleh masyarakat warga setempat. Tidak hanya populer sebagai tempat rekreasi, parangtritis juga menjadi tempat keramat. Banyak pengunjung yang datang untuk bermeditasi. Pantai ini adalah satu diantara tempat untuk melaksanakan upacara Labuhan dari keraton Yogyakarta. Pada musim kemarau, angin bertiup kencang seperti tidak ingin kalah dengan deburan ombak yang rata-rata setinggi 2-3 mtr.


pantai parangkusumo


Pantai ini erat kaitannya dengn mitos cerita sang  penguasa laut  kidulyang umum dimaksud Nyi Roro Kidul (ratu pantai selatan) yang gemar melenyapkan orang yg tidak menghiraukan aturan alam. Dari segi ilmiah, peristiwa sejenis itu semakin memperkuat teori kalau palung laut di laut selatan Jawa memanglah ada. arus bawah yang selalu bergerak, kemudian benda apa saja yang terseret ombak dari bibir pantai, terseret ke bawah serta terdampar di tempat yang tidak sama.

Marchelloka - Inspiring Wisata Keyakinan orang-orang setempat mengenai legenda Nyi Roro Kidul dengan juga sendirinya melahirkan pesona sendiri. Nyaris tiap-tiap malam jumat kliwon serta Selasa Kliwon, beberapa pengunjung ataupun nelayan setempat melaksanakan upacara ritual ditempat itu. Acara ritual diwarnai pelarungan sesajen serta kembang warna-warni ke laut. Puncak acara ritual umumnya berlangsung saat malam 1 suro, serta dua-tiga hari sesudah hari raya Idul Fitri serta Idul Adha. Dasarnya, nelayan memohon keselamatan serta kemurahan rejeki dari penguasa bumi serta langit.

Setelah itu, Pantai Parangkusumo. Pantai ini terdapat di sebela barat pantai Parangtritis. Memiliki keindahan alam yg tidak kalah dengan pantai parangtritis. Diluar itu di dekat pantai ini ada dua batu karang yang seputarnya di pagar beton. Tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitaran itu di kenal dengan nama cepuri. Menurut Surakso Sudarmo (50) sebagai satu diantara guru kunci Cepuri, batu karang itu dulunya tempat sebagai petilasan Panembahan Senopati serta tempat berjumpanya panembahan senopati dengan  Ratu Kidul penguasa laut selatan. Cepuri adalah tempat yang utama untuk acara yang berbentuk kebiasaan serta spiritual contohnya labuhan. Benda yang ingin dilabuh mesti dimasukkan ke Cepuri serta didoakan oleh beberapa juru kunci sebelum benda itu dibuang ke laut.


Wisata indonesia pantai glagah



Beberapa pengunjung tak bisa seenaknya keluar masuk lokasi petilasan Panembahan Senopati ini. Mereka diwajibkan melepas alas kaki sebelumnya masuk lokasi Cepuri serta tak bisa berisik. Beberapa pengunjung sebagian besar peziarah dari beragam daerah. Mereka datang dengan beragam kemauan, ada yang menginginkan cepat bisa jodoh, menginginkan kaya, lebih wibawa dsb.

MarchelloKa Indonesia Di lokasi wisata parangtritis juga ada gumuk pasir di daerah tropis begitu banyak jenisnya serta paling unik yaitu diketemukannya type barchans yang di Indonesia cuma ada di lokasi wisata itu. Temuan ini unik serta menarik untuk di teliti, dipahami serta dilestarikan. Gumuk pasir ini adalah fenomena yang menarik dilihat sebagai object wisata.



 
Advertise Here 









 

Pantai Glagah terletak pada 40 km dari Kota Yogyakarta termasuk dalam area lokasi Kabupaten Kulon Progo. Pantai dengan keindahan alaminya begitu menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Dikawasan pantai Glagah beragam fasilitas diantaranya sarana sudah di bangun kolam pemancingan, taman rekreasi, cmping ground serta gardu pandang. Untuk pengunjung yang mempunyai hoby berolahraga dayung, dapat menyalurkan bakatnya di pantai ini dengan memakai perahu Cano.

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia, Beautiful Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, layanan pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata.