Menelusuri Histori Sejarah Taman Margasatwa Ragunan

Menelusuri Histori Sejarah Taman Margasatwa Ragunan
Review Sejarah

Taman Margasatwa Ragunan

by Princess Marchell  www.marchelloka.com


 
Wisata Jakarta Kebun binatang Ragunan


Taman Margasatwa Ragunan didirikan pada tanggal 19 September th. 1864 di Batavia (saat ini Jakarta) dengan nama “Planten en Dierentuin” ini pertama kalinya di kelola oleh perhimpunan penyayang Flora serta Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia).
Advertise Here












          Taman ini berdiri diatas tempat seluas 10 hektar di Jalan Cikini Raya No 73 yang di hibahkan oleh Raden Saleh, pelukis terkenal di Indonesia. Sesudah Indonesia Merdeka, pada th. 1949 namanya di ganti jadi Kebun Binatang Cikini. Taman Margasatwa Ragunan Dengan perubahan Jakarta, Cikini jadi tak pas lagi untuk peragaan satwa. Pada th. 1964. Pada saat Gubernur DCI Jakarta Dr. Soemarno dibuat Tubuh Persiapan Proses Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drh. T. H. E. W. Umboh. , Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan tempat seluas 30 ha di Ragunan, Pasar Minggu. Jaraknya kurang lebih 20 Km dari pusat kota.

Wisata Jakarta Kebun binatang Ragunan, obyek wisata keluarga



Keindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa kian lebih 450 ekor satwa yang bisa  disebut sisa koleksi paling akhir dari Kebun Binatang Cikini. Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan di buka dengan cara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI (Daerah Spesial Ibukota) Jakarta Mayor Jenderal Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Advertise Here















Pada th. 1974 Taman Margasatwa Ragunan di pimpin oleh Benjamin Galstaun direktur pertama saat itu. Pada th. 1983 beralih namanya jadi Tubuh Pengelola Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan Pada th. 2001 beralih lagi jadi Kantor Taman Margasatwa Ragunan. Th. 2009 beralih jadi UPT (Unit Pelayanan Teknis) Taman Margasatwa Ragunan.

Wisata Jakarta Schmutzer Primate Centre


Pada th. 2010 namanya beralih jadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Taman Margasatwa Ragunan. Sekarang ini luas Taman Margasatwa Ragunan meraih 147 Hektar dengan koleksi satwa 2101 ekor satwa dari 220 spesies. Pada Th. 2015 BLUD Taman Margasatwa Ragunan beralih namanya jadi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan sesuai sama Perda Nomor 12 Th. 2014 mengenai Organisasi Piranti Daerah.

Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan yaitu satu kebun binatang yang terdapat di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Berpenghuni kian lebih 2. 000 ekor satwa dan ditumbuhi kian lebih 50. 000 pohon bikin situasi lingkungannya sejuk serta nyaman. Lahannnya teratur serta terbangun dan beberapa lagi masih tetap diperkembang menuju satu kebun binatang yang modern sebagai jati diri kota Jakarta.

Wisata Jakarta Komodo di kebun binatang Ragunan


Bertandang ke Taman Margasatwa Ragunan bermakna masuk satu rimba tropis mini, di dalamnya ada keanekaragaman hayati yang mempunyai nilai konservasi tinggi serta menaruh harapan untuk hari esok.

Satu kebun binatang modern menghadirkan satu sistem ekologi yang komplit yang bias jadi satu sumber ilmu dan pengetahuan yang bakal memulai langkah pelestarian kehidupan alam liar. Secara singkat, kebuna binatang yaitu “Kapal Nuh” kita dalam hadapi bencana serta rusaknya alam yang belakangan ini kerap berlangsung. Apabila kelak telah tak ada lagi rimba di bumi ini, sekurang-kurangnya masih tetap ada contoh-contoh makhluk yang mengagumkan ini di kebun binatang, tak tahu itu sudah berwujud satwa maupun masih tetap berupa embrio, sel atau DNA. Taman Margasatwa Ragunan

Advertise Here













Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata, Pesona Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, layanan pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Jakarta, Pesona Wisata Taman Margasatwa Ragunan.