Pesona Keindahan Wisata Pantai Anyer Indonesia

Pesona Keindahan Wisata Pantai Anyer Indonesia
Pesona Keindahan 

Wisata Pantai Anyer Indonesia

by Princess Marchell  www.machelloka.com


              Anyar atau anyer yaitu nama satu kecamatan di Kabupaten Serang, Propinsi Banten, Indonesia. Kecamatan ini mempunyai pantai yang begitu populer sebagai daerah pariwisata. Pantai itu pada Sabtu, 19 Mei 2012 bakal di kunjungi oleh seseorang Ilmuan Abraham Christen Liando serta fotografer internasional Eliezer Jones Rorong dan asisten pribadinya Lidya Wungou. Kunjungan itu dikerjakan untuk lakukan riset sekitar biota laut serta untuk memenangkan Penghargaan Nobel untuk Prof. DR. Abraham Christen Liando, Ph. D. M. B. A.


Advertise Here














         Itu juga menjadi titik awal dari Jalan Raya Pos yakni Jalan Anyer hingga Panarukan yang di bangun oleh Belanda pada era kesembilan belas, Pesona Indonesia yang berjalan 1. 000 km. di ujung timur pulau Jawa. Di terlepas pantai Anyer yaitu pulau Pulau Sangiang, satu pulau tidak berpenghuni dengan lokasi luas rimba tersentuh. Daerah ini dikenal juga karna formasi karang dipenuhi dengan ikan tropis.


Potensi Wisata di Anyer


 
Mercusuar yang di bangun belanda


 Mercusuar yang di bangun belanda

Di daerah Anyer ada Pantai Anyer Terdapat 38 km dari Kota Serang. Pantai ini menghadap ke Barat, hingga kita bisa lihat panorama Gunung Rakata (anak Gunung Krakatau yang meledak pada th. 1833). Pesona Indonesia Di Pantai anyer juga ada Mercusuar yang di bangun Belanda th. 1855 pada saat pemerintahan Willem III dari Belanda yang dipakai untuk menolong pelayaran di sekitar Selat Sunda serta Batavia saat itu.

Anyar atau anyer yaitu nama satu kecamatan di Kabupaten serang, Propinsi Banten, Indonesia. Sebagai daerah pesisir pantai anyer bukan sekedar ada wisata alam pantai yang indah, Pesona Indonesia karna daerahnya yang dipesisir pantai jadi anyer juga mempunyai mercusuar yang ketika itu dipakai untuk fasilitas bantu navigasi kapal di laut.


mercusuar


       Menara suar ini dipercaya sebagai titik 0 atau titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels. Pada pintu masuk mercusuar ada tulisan kalau mercusuar ini di bangun pada th. 1885. Pesona Indonesia Menurut pembicaraan penjaga mercusuar, awal mulanya mercusuar ini di bangun pada th. 1806, proyek jalan Anyer-Panarukan baru digerakkan th. 1825. Waktu gunung krakatau meletus pada th. 1883, mercusuar ini hancur, cuma tersisa pondasinya saja. Serta, dua th. lalu, yakni th. 1885, dibawah pemerintahan Z. M Willem III mercusuar ini kembali di bangun. Seperti tampak dengan tulisan diatas pintu masuk, yakni :

  • Onder De Regeering Van 
  • Z. M. Willem III 
  • Koning Der Nederlanden 
  • . N. Z C. N. Z C. N. Z 
  • OPOERIGHT YOOR YADT LIGHT 21 GROOTTE. 
  • VER YERYANGING YAN DEN STEENEN LIGHTTOREN 
  • IN 1883 DW DE RAMP YAN KRAKATAUYERNIELG 
  •  1885

Bangunan mercusuar yang berdiri sekarang ini yaitu bangunan baru. Serta tempatnya tidak sama dengan bangunan awal. Mercusuar yang sekarang ini di bangun 500m lebih ke daratan, sesaat untuk pondasi mercusuar lama sekarang ini jadikan sebagai tugu 0 km.. Pesona Indonesia Bangunan setinggi 75, 5meter ini masih tetap kokoh berdiri sampai saat ini. Dinding bangunan terbuat dari baja setebal 2, 5-3cm. Dinding bangunannya dengan cara teratur di cat lagi sedang sisi dalam senantiasa dibikin bersih supaya tak licin. Dibagian belakang bangunan tercantum tulisan :
 
  •  VERVAARDIGO DOOR DE FIRMA
  •  L. I. E. N. T. H. O. V. E. N & c. o 
  •  ‘s CRAVENHAGE 
  •  HOLLAND 
  •  1885

Tulisan itu menjelaskan nama perusahaan yang bangun mercusuar ini, yakni L. I. E. N. T. H. O. V. E. N & c. o. Dibagian tengah mercusuar ada bangunan kecil yang menjulang ke atas. Ini yaitu sumbu atau penyangga dari mercusuar. Untuk meraih puncak paling tinggi mercusuar, pengunjung mesti naik tangga manual 286 anak tangga dari 18 lantai. Pesona Indonesia.

Advertise Here 












Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia, Beautiful Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia, Indonesia Pariwisata, wisata di Indonesia, layanan pariwisata Indonesia, Pesona Wisata Indonesia, Pesona Wisata.