Wahana Wisata dan Sejarah Kerajaan Kendan Bandung

Wahana Wisata dan Sejarah Kerajaan Kendan Bandung
Ulasan Wahana Wisata dan Sejarah 

Kerajaan Kendan Bandung

by Princess Marchell www.marchelloka.com




Situs Kerajaan Kendan Bandung

                   Bandung Wisata Marchelloka.com  -   Tidak hanya kaya wisata alam serta tempat belanja, Bandung ini  juga kaya wisata budaya. Satu diantaranya yaitu sebagai tempat wisata budaya serta histori sejarah  yakni Situs Batu Kerajaan Kendan. Kerajaan yang satu  ini sudah ada dan berdiri  sejak th. 536 Masehi serta didirikan oleh Resiguru Manikmaya. Kerajaan inipun lalu berkembang menjadi kerajaan besar dan tersohor bernama Galuh saat kekuasannya dipegang oleh Prabu Wretikandayun pada th. 612 Masehi. Nama Kendan datang dari kata Kenan yang mempunyai arti semacam batu cadas, berongga serta didalamnya memiliki kandungan kaca yang berwarna hitam.

Advertise Here










         MarchelloKa - Ispiring Tour Review and Travel ------  Batuan inipun bakal terlihat kemilauan waktu tersorot oleh cahaya matahari. Mempunyai permukaan yang begitu kasar serta tajam. Serta konon, type batuan sejenis ini cuma ada di lokasi Kendan saja. Daerah Nagreg, yang saat mudik lebaran kerapkali jadi titik kemacetan yakni sisa ibukota Kerajaan Kendan. Terdapat beberapa narasi serta versus yang ada di sekitar Kerajaan Kendan ini. Dulunya di kerajaan ini kerap di gelar aktivitas ritual keagamaan yang dikerjakan di sekitar kabuyutan di mana di dalam kabuyutan itu umumnya ditandai dengan bangunan punden berundak. Bandung Wisata Punden ini menyebar di sebagian tempat yang kerap dimaksud orang sebagai candi.

Perkampungan di sekitaran Situs Kerajaan Kendan Bandung


    MarchelloKa - Tapak tilas Kerajaan Kendan Bandung  -   Arti ini didasarkan adanya kemiripan bahan material dengan bangunan umat Hindu. Walau sesungguhnya pada arsitektur punden serta arsitektur candi begitu jauh berbeda sekali nampak tidak sama. Wisata Candi adalah bangunan tertutup atau berdinding, sedang punden adalah bangunan terbuka tanpa ada dinding ataupun atap. Didalam rencana tata ruangan puseur dayeuh kerajaan pra-Islam di Tatar Sunda, bangunan punden berperan sebagai goah. Terkecuali diketemukan Arca Manik, di daerah ini sempat juga diketemukan mahkota dan satu pusaka nagasastra yang lalu tersimpan di salah seseorang sesepuh Kampung Kendan.

Sebagai "nagara rasa", cuma orang yang mempunyai kehalusan rasa serta ketajaman bathin yang bisa rasakan peninggalan-peningalan kerajaan Kendan yang telah terkubur beberapa ratus th. lamanya. hingga sekarang ini juga, belum bisa di pastikan di mana material sisa “karaton”-nya.

 Nama Kendan datang dari kata Kenan yang mempunyai arti semacam batu cadas, berongga serta didalamnya memiliki kandungan kaca yang berwarna hitam. Batuan ini bila diliat serupa batu onyx yang kerap dipakai untuk mata cincin serta digunakan oleh anak muda jaman saat ini. Batu ini akan terlihat kemilauan waktu tersorot oleh cahaya matahari.

Wisata Situs Batu Kerajaan Kendan


Mempunyai permukaan yang begitu kasar serta tajam. Bandung Wisata Situs ini adalah tempat gunung batu cadas, yang disangka jadi lokasi kekuasaan Kerajaan Kendan atau Kerajaan Kelang. Kerajaan ini didirikan oleh Resiguru Manikmaya sekitaran th. 536 Masehi. Dari kerajaan ini lalu berkembang jadi satu kerajaan besar bernama Galuh, pada saat kekuasaan kerajaan Kendan dipegang oleh Prabu Wretikandayun pada th. 612 Masehi.

Liburan Ke Bandung ? Baca Juga Situs Prasejarah
- Wisata Situs Prasejarah Megalitikium Bandung


Menurut versus lain, nama Kendan datang dari kata kanda yang memperoleh akhiran -an, yakni satu system religi tradisonal yang berpedoman memahami monoteisme (hyang tunggal) yang diperkembang oleh Praburesiguru Manikmaya pada era ke-6 sebagai etika kehidupan beragama jauh sebelumnya Islam masuk ke Tatar Sunda sekitaran era ke 16. Satu diantara aktivitas ritual keagamaannya berbentuk pasaduan yang dikerjakan di sekitar kabuyutan. Serta didalam kabuyutan itu umumnya ditandai dengan bangunan punden berundak.

Histori Kerajaan Kendan

Advertise Here 












              Resiguru Manikmaya, Raja Pertama Kendan Sang Resiguru Manikmaya datang dari Jawa Timur. Ia datang dari keluarga Calankayana, India Selatan. Terlebih dulu, ia sudah mengembara, berkunjung ke sebagian negara, seperti : Gaudi (Benggala), Mahasin (Singapura), Sumatra, Nusa Sapi (Ghohnusa) atau Pulau Bali, Syangka, Yawana, Cina, dan sebagainya.

MarchelloKa -  Wisata Sejarah Indonesia   ------   Resiguru Manikmaya menikah dengan Tirtakancana, putri Maharaja Suryawarman, penguasa ke-7 Tarumanagara (535-561 M). Oleh karenanya, ia dihadiahi daerah Kendan (satu lokasi perbukitan Nagreg di Kabupaten Bandung), komplit dengan rakyat serta tentaranya.

Kerajaan Kendan Bandung Wisata


Resiguru Manikmaya, dinobatkan jadi seseorang Rajaresi di daerah Kendan. Sang Maharaja Suryawarman, menganugerahkan peralatan kerajaan berbentuk mahkota Raja serta mahkota Permaisuri. Bandung Wisata Semuanya raja daerah Tarumanagara, oleh Sang Maharaja Suryawarman, di beri tahu dengan surat. Berisi, kehadiran Rajaresi Manikmaya di Kendan, mesti di terima dengan baik. Sebab, ia menantu Sang Maharaja, serta harus jadikan teman dekat. Terutama, Sang Resiguru Kendan itu, seseorang Brahmana ulung, yang sudah banyak berjasa pada agama.

Siapa juga yang berani menampik Rajaresiguru Kendan, bakal dijatuhi hukuman mati serta kerajaannya bakal dihapuskan. Dari perkawinannya dengan Tirtakancana, Sang Resiguru Manikmaya Raja Kendan, memperoleh keturunan sebagian orang putra serta putri. Salah seseorang salah satunya bernama Rajaputera Suraliman. Dalam umur 20 th., Sang Suraliman di kenal tampan serta mahir pengetahuan perang. Hingga, ia diangkat jadi Senapati Kendan, lalu diangkat juga jadi Panglima Balatentara (Baladika) Tarumanagara.


Pencarian Terkait : Tempat Wisata di Bandung, Tempat Wisata, Wisata di Bandung, Tempat Wisata Bandung, Wisata, Wisata Lembang, Tempat Wisata di Lembang, Tempat Menarik di Bandung, Wisata Kuliner Bandung, Wisata Alam Bandung, Objek Wisata di Bandung, Wisata Kota Bandung, Tempat Rekreasi di Bandung, Tempat Wisata Alam di Bandung, bandung Wisata, Kerajaan Kendan

Sumber  : http :// bandung. tipswisata. id/ke-situs-batu-kerajaan-kendan/
https :// ridwanderful. wordpress. com/2014/11/04/wisata-sejarah-wisata-bumi-ke-situs-batu-kerajaan-kendan-nagreg-kab-bandung/