Wisata Pulau Karimunjawa Pesona Yang Menakjubkan

Wisata Pulau Karimunjawa Pesona Yang Menakjubkan
Ulasan Wisata

Kepulauan Karimunjawa Pesona Yang Menakjubkan

by Princess Marchell  www.marchelloka.com

Keindahan Kepulauan Karimun Jawa


MarchelloKa Indonesia - Inspiring Wisata  -  Karimunjawa yaitu kepulauan di Laut Jawa yang termasuk juga dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1. 500 hektare serta perairan ±110. 000 hektare, Karimunjawa saat ini diperkembangkan jadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak disukai wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Berdasar pada legenda yang mengedar di masyarakat kepulauan ini, Pulau Karimunjawa diketemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu bercerita mengenai Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik,  Sunan Muria lalu memerintahkan anak laki lakinya untuk pergi ke satu pulau yang terlihat “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria supaya si anak bisa memperdalam serta meningkatkan pengetahuan agamanya. Karna terlihat “kremun-kremun” jadi dinamakanlah pulau itu Pulau Karimun.

Advertise Here 










Ekosistem


Mulai sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa diputuskan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa yaitu tempat tinggal untuk terumbu karang, rimba bakau, rimba pantai, dan nyaris 400 spesies fauna laut, salah satunya 242 type ikan hias. Sebagian fauna langka yang berhabitat di sini yaitu Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, serta penyu hijau. Tumbuhan sebagai ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yakni dewandaru (Crystocalyx macrophyla) yang ada pada rimba hujan dataran rendah. Ombak di Karimunjawa termasuk rendah serta jinak, dibatasi oleh pantai yang umumnya yaitu pantai pasir putih halus.


Penduduk karimunjawa


Karimunjawa berpenduduk kian lebih 10.100.000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Tiga suku paling utama yang menghuni Karimunjawa yaitu suku Jawa yang bertani serta menghasilkan alat keperluan rumah tangga, suku Bugis yang yaitu pelaut andal hingga berprofesi sebagai nelayan, serta suku Madura yang juga berprofesi sebagai nelayan namun mempunyai keunggulan bikin ikan kering.

Pendidikan di Karimunjawa telah mencapai hingga tingkat SMU. Terkecuali mempunyai sekitaran 10 SD (lima di Karimun, tiga di Kemujan serta masing-masing satu di Parang serta Genting), Karimunjawa juga mempunyai satu SMP,  Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta SMK Negeri jurusan Budidaya Rumput Laut dan Tehnologi Pemrosesan Hasil Perikanan sebagai sekolah gratis, dan satu Madrasah Aliyah di Penghujan.

Transportasi

keindahan karimunjawa wonderful indonesia


Transportasi paling umum dipakai untuk ke Karimunjawa yaitu kapal dari Semarang serta Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, kapal Kartini I (kapal cepat) pergi tiap-tiap Sabtu jam 9 pagi ke Karimunjawa serta kembali dari Karimunjawa tiap-tiap Minggu siang, lama penyebrangan 2-3 jam.

Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara ada Kapal Muria yang pergi tiap-tiap dua hari sekali, lama penyebrangan kapal ekonomi ini +/- 6 jam pelayaran. perlu di perhatikan untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara umumnya pergi hari selasa, kamis, sabtu jam 9 pagi serta dari karimunjawa menuju jepara rabu, jumat, minggu jam 8 pagi.  jadwal ini dapat beralih sesuai dengan keadaan cuaca atau ombak di laut jawa. kalau berlangsung gelombang tinggi maka dari pihak perhubungan di pelabuhan tak kan memberi izin pelayaran, serta jadwal keberangkatan kapal dapat beralih mengikuti pergantian cuaca. Pelabuhan jepara dapat juga membawa Mobil serta motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.
Advertise Here 











Jalur udara bisa ditempuh dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa type CASA 212 yang disiapkan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh lebih kurang 30 menit.

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia, Beautiful Indonesia, Wisata Indonesia, Indonesia Wisata, Pariwisata Indonesia,Wisata Kepulauan Karimunjawa, Snorkeling Kepulauan Karimunjawa, layanan pariwisata, Liburan ke karimunjawa tiket ke karimun jawa wilayah karimun jawa